VANGO BERDIRI DALAM SOLIDARITAS DENGAN PIANGO DI PAPUA BARAT


Tuesday, 13 September 2016

BOUDIMI NEWS, Dukungan VANGO diungkapkan oleh Ketua kelompok Vanuatu nasional LSM Ms Lind Peter di email ke Direktur PIANGO Eksekutif Ms EMELE Duituturaga, yang saat ini di Pohnpei, FSM, di mana mereka telah memegang Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Forum pada malam pertemuan pemimpin 47 Pacific Islands Forum.

Dalam media briefing nya awal pekan ini, Ms Duituturaga dibuat berdiri PIANGO pada Papua Barat yang jelas – bahwa isu itu tidak lama soal untuk Melanesian Spearhead Group maupun pemimpin PIF; melainkan masalah PBB.

VANGO Linda Peter mengatakan dalam email dan dikutip reporter Vanuatu meliputi pertemuan Pohnpei PIF Musa Stevens.

“Kami Vanuatu Aliansi Masyarakat Sipil dalam solidaritas dengan OMS lokal lain di sini di Vanuatu dan akan terus melakukan advokasi secara lokal, nasional dan regional untuk kemerdekaan Papua Barat dalam aliansi dengan PIANGO dan komunitas global.

Pemerintah Vanuatu juga mengambil sikap yang sama dalam pendekatan mereka untuk melobi dukungan untuk penyebab kemerdekaan Papua Barat.

Direktur Jenderal Kantor Perdana Menteri (Vanuatu) Johnson Naviti, mengatakan “sekarang bahwa pemerintah regional telah berdiri keluar jelas pada dukungan mereka untuk Papua Barat, rencana kami sekarang adalah untuk mengambil mater luar daerah”.

Sementara pemimpin MSG (yang dibentuk awalnya untuk menjadi ujung tombak penyebab kemerdekaan Papua Barat dan Kanaky) telah dibagi atas Papua Barat, Kepulauan Solomon telah mengambil sikap yang jelas dengan dukungan Tuvalu dan Nauru dalam “Koalisi Pasifik Papua Barat “.

Foto: The Pohnpei PIF pemimpin pertemuan

Sumber : http://news.pngfacts.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s