Indonesia menghalangi representasi Papua – ULMWP


Indonesia menghalangi representasi Papua – ULMWP

8 September, 2016

Indonesia menghambat upaya-upaya regional Pasifik untuk mengejar keadilan bagi pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Papua Gerakan United Liberation untuk Papua Barat katanya.

Kritik dari duta Gerakan untuk wilayah Pasifik Kepulauan, Amatus Douw, datang sebagai Papua akan dibahas di KTT para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik di Negara Federasi Mikronesia.

KTT pemimpin mulai pagi ini di Pohnpei setelah Forum Sekjen Dame Meg Taylor mengatakan awal pekan ini bahwa wilayah tersebut tidak bisa menghindari menangani masalah Papua Barat.

Pada pertemuan puncak tahun lalu, para pemimpin Forum memutuskan untuk mendorong Indonesia untuk memungkinkan misi pencarian fakta di Papua Barat dari mana laporan pelanggaran hak asasi terhadap Melanesia adat terus menyaring.

Setelah satu tahun dan tidak ada gerakan di depan ini, Dame Meg mengatakan Jakarta telah mengindikasikan bahwa ia tidak akan menyambut misi seperti itu, dan tidak nyaman dengan istilah “fakta.”

Mr Douw mengatakan hal itu bukan kegagalan pada bagian Forum tetapi tanda defensif dari Indonesia yang ia dituduh “secara konsisten mencoba untuk melarikan diri dari kolonialisme dan hak asasi manusia kekejaman nya”.

Utusan berbasis dari Australia percaya pendekatan langsung ke PBB diperlukan untuk masalah ini.

Indonesia, katanya, “sekarang menggunakan senjata untuk membunuh muda Papua tetapi Anda tidak akan pernah membunuh hukum internasional dan Piagam PBB tentang penentuan nasib sendiri, kebebasan dan kemerdekaan”.

Kedutaan Besar Indonesia di Selandia Baru mengakui Indonesia masih menghadapi kendala dalam melindungi hak-hak asasi warga negara, tapi mengatakan Jakarta sedang mengatasi pelanggaran hak asasi.

Dikatakan penggabungan Papua ke Indonesia pada tahun 1960an adalah sanksi oleh PBB dan final.

Pada pra-Forum lokakarya di Pohnpei, Dame Meg mengidentifikasi bahwa kepemimpinan daerah sebagian dibagi atas bagaimana untuk mendekati masalah Papua, tetapi mencatat bahwa orang di negara-negara Pasifik merasa sangat kuat tentang hal itu.

Mr Douw menggema komentar Dame Meg yang Koalisi Pasifik yang baru lahir untuk Papua Barat, termasuk perwakilan pemerintah dan masyarakat sipil, telah mendapatkan momentum dalam upaya untuk membawa masalah Papua ke tingkat PBB.

Pada malam puncak Forum, ia mendesak Australia dan Selandia Baru pemimpin mengakui “tanggung jawab moral” mereka dan mendapatkan di papan koalisi.

Tags: Pacific

politik Pacific Islands Forum Papua Barat

Indonesia is impeding Pacific regional efforts to pursue justice for human rights abuses against Papuans according to the United Liberation Movement for West Papua.
radionz.co.nz

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s