Uskup di wilayah Pasifik menyatakan dukungan untuk Papua Bara


Uskup di wilayah Pasifik menyatakan dukungan untuk Papua Barat

Dukungan: Port Moresby Uskup Agung John Ribat, Parramatta Uskup Vincent panjang, Toowoomba Uskup Robert McGuckin, Palmerston North Uskup Charles Drennan, Noumea Uskup Agung Michel Calvet dan Port Vila Uskup John Bosco.
Suara Duka : Pasifik_Uskup Katolik dari seluruh wilayah Pasifik telah menyatakan dukungan untuk Papua Barat untuk memiliki suara internasional yang lebih besar.
Martabat bagi orang Papua Barat adalah masalah fokus untuk komite eksekutif Federasi Konferensi Waligereja Oceania di Australia, Selandia Baru, Papua New Guinea dan pertemuan di Port Moresby Kepulauan Pasifik. 
Toowoomba Uskup Robert McGuckin dan Parramatta Uskup Vincent panjang mewakili Australia.
“Mereka (Papua Barat) mencari apa yang setiap keluarga dan budaya berusaha: menghormati martabat pribadi dan komunal, ekspresi bebas dari aspirasi seseorang, dan hubungan bertetangga baik,” kata uskup Katolik dalam sebuah pernyataan.
“Batas-batas politik tidak pernah dapat berisi atau mengontrol hubungan etnis dan kami mendesak pemerintah untuk mendukung keinginan rakyat Papua Barat untuk berpartisipasi penuh dalam Melanesian Spearhead Group.”
MSG adalah sebuah organisasi antar-pemerintah yang terdiri dari empat negara Melanesia dari Fiji, PNG, Kepulauan Solomon dan Vanuatu, dan Kanak dan Sosialis Front Pembebasan Nasional dari Kaledonia Baru.
Tahun lalu, Indonesia diakui sebagai anggota asosiasi, namun gerakan kemerdekaan Papua Barat sejauh ini gagal untuk dimasukkan ke grup.
“Partisipasi … Diblokir di MSG adalah luka di sisi semua Melanesia,” kata uskup.
“Untuk Papua Barat, MSG adalah tempat alami kolaborasi dan potensi sumber pemahaman daerah yang lebih dalam.”
Para uskup juga telah berbicara tentang pengobatan pencari suaka di Pulau Manus dan Nauru.
“Berperasaan tidak pernah bisa menjadi respon yang tepat untuk tragedi kemanusiaan,” kata uskup.
“Kami memuji keputusan PNG Mahkamah Agung yang pusat penahanan Pulau Manus adalah inkonstitusional dan ilegal dan kami percaya otoritas Australia dan lainnya akan bertindak cepat dalam mengimplementasikan rencana manusiawi rehabilitasi untuk para tahanan.”
————————-
2) dukungan uskup Katolik untuk orang-orang Papua Barat
uskup Katolik mendukung keinginan rakyat Papua Barat untuk berpartisipasi dalam MSG. 
Uskup Parramatta, Kebanyakan Rev Vincent Panjang OFM Conv, saat ini di Papua Nugini untuk Komite Eksekutif Federasi Waligereja Konferensi Oceania.
Pernyataan yang dikeluarkan oleh federasi pada 22 Agustus 2016 
Komite Eksekutif Federasi Uskup Konferensi Katolik Oceania (Australia, Selandia Baru, PNG / SI, CEPAC) adalah pertemuan di Port Moresby. Kami datang dari banyak negara pulau bangsa yang tersebar di seluruh Pasifik.
Kami sangat senang berada di sini di PNG dan telah menikmati sangat keramahan indah bangsa hidup ini. Itu adalah suatu kehormatan bagi kita untuk bertemu dengan Hon Powes Parkop, Gubernur Port Moresby, dan kita semua menawarinya selamat dan dorongan pada pengembangan kota ini dan komitmennya untuk keadilan, integritas dan layanan dalam kepemimpinan sipil.
Meskipun kita datang dari beragam budaya dan daerah, sebagai pendeta dan gembala hati kita bersatu dalam keinginan untuk mencari apa yang terbaik bagi keluarga manusia dan kebaikan bersama masyarakat apapun. Memang, mengikuti contoh dari Paus Francis, iman kita, mendorong kita untuk melihat dunia bukan sebagai pasar global, tetapi sebagai rumah universal.
Tahun lalu kami mendesak pemerintah dan bisnis untuk mendukung inisiatif Paris COP21 menangani isu-isu perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Kita. karena itu. berbesar hati untuk melihat bahwa Pemerintah PNG telah baru saja disahkan RUU setuju untuk menerapkan strategi inisiatif itu.
tanggung jawab penggunaan lingkungan dan sumber daya adalah tugas dan tugas untuk semua orang. Kampanye Generasi Bersih yang telah kita datang untuk tahu tentang di sini di PNG adalah contoh inspirasi dari inisiatif lokal di kalangan muda. Juga kita telah belajar dari mereka yang bekerja untuk mendukung masyarakat pesisir yang ingin meningkatkan suara mereka melawan Dasar Laut Mining. Jauh dari menjadi “anti-pembangunan” masyarakat seperti ingin mengejar pembangunan berkelanjutan, termasuk keluarga pariwisata, perikanan dan pertanian. Apa jenis perjanjian perdagangan mengizinkan perusahaan asing untuk terlibat dalam praktek dan proses yang di negara mereka sendiri adalah ilegal? laut adalah harta untuk semua dan tidak boleh menjadi “taman bermain eksploitasi”.
Sebuah fokus khusus dari pertemuan kami saat ini adalah orang-orang Papua Barat. Mereka mencari apa yang setiap keluarga dan budaya berusaha: menghormati martabat pribadi dan komunal, ekspresi bebas dari aspirasi seseorang, dan hubungan bertetangga yang baik. batas politik tidak pernah dapat berisi atau mengontrol hubungan etnis dan kami mendesak pemerintah untuk mendukung keinginan rakyat Papua Barat untuk berpartisipasi penuh dalam Melanesian Spearhead Group (MSG).
Oleh karena itu, kami ingin mendukung 2003 antaragama bersama deklarasi ‘Papua Tanah Damai’. partisipasi diblokir di MSG adalah luka di sisi semua Melanesia. Untuk Papua Barat, MSG adalah tempat alami kolaborasi dan potensi sumber pemahaman daerah yang lebih dalam. Dalam hal itu kami ingin juga mengakui bantuan dari pemerintah Indonesia dalam membuat kemungkinan kunjungan baru-baru PNG dan Kepulauan Solomon uskup ke Jayapura untuk bertemu dengan uskup saudara mereka di Papua Barat. Kunjungan tersebut selalu untuk penyebab perdamaian.
Akhirnya, kami sekali lagi echo kecaman internasional pada apa yang terjadi pada pencari suaka di Pulau Manus dan Nauru. Berperasaan tidak pernah bisa menjadi respon yang tepat untuk tragedi kemanusiaan. Kami memuji keputusan PNG Mahkamah Agung yang pusat penahanan Pulau Manus adalah inkonstitusional dan ilegal dan kami percaya otoritas Australia dan lainnya akan bertindak cepat dalam mengimplementasikan rencana manusiawi rehabilitasi untuk para tahanan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s