Sidang praperadilan penetapan tersangka mahasiswa Papua digelar


Sidang praperadilan penetapan tersangka mahasiswa Papua digelar

Asrama Mahasiswa Papua di Yogyakarta. ©2016 Merdeka.com/hartanto rimba

Merdeka.com – Hakim ketua Muhammad Baginda Rajoko Harahap memimpin sidang perdana praperadilan atas penetapan tersangka mahasiswa Papua, Obby Kogoya, di Pengadilan Negeri Sleman, Senin (22/8) pukul 10.00 WIB. Persidangan ini untuk menguji keabsahan penetapan status tersangka.

Sidang tersebut dimulai dengan pembacaan gugatan praperadilan oleh LBH Yogyakarta sebagai kuasa hukum Obby Kogoya. Gugatan tersebut berisi tentang dasar hukum gugatan praperadilan, kronologis penetapan tersangka dan gugatan atas penetapan tersangka yang dinilai tak memenuhi alat bukti yang sah.

Salah satu anggota tim kuasa hukum Obby Kogoya, Emanuel Gobay menjelaskan, ada beberapa kejanggalan dalam penetapan tersangka. Salah satunya Kepolisian terkesan tergesa-gesa dalam menetapkan tersangka.

“Tidak logis dalam rentang waktu dua jam setelah pemeriksaan, Obby Kogoya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Emanuel Gobay.

Menurut Emanuel Gobay, padahal saat penetapan tersangka penyidik tidak mampu menunjukkan dua alat bukti sah, salah satunya bukti visum polisi yang diduga mengalami kekerasan.

“Saat itu pada 15 Juli, kami sempat menanyakan visum kepada penyidik. Tapi sampai saat ini kami belum lihat hasil visum sama sekali,” ujarnya.

Dalam pembacaan gugatan praperadilan tersebut juga disebutkan bahwa Kepolisian semestinya memeriksa Obby Kogoya sebagai saksi penyelidikan, bukan sebagai tersangka. Selain itu gugatan praperadilan juga berisi prihal penangkapan Obby Kogoya dilakukan dengan tindak kekerasan.

“Semestinya sebelum dijadikan tersangka, Obby Kogoya terlebih dahulu dijadikan sebagai saksi penyelidikan atau calon tersangka,” ujar Emanuel Gobay.

Sebelumnya Obby Kogoya dijadikan tersangka oleh Polda DIY atas tuduhan melakukan kekerasan kepada aparat Kepolisian. Kejadian tersebut berlangsung saat peristiwa pengepungan asrama Papua di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta, (15/7)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s