Masyarakat Sipil Vanuatu Mendukung Penuh Papua Barat


Masyarakat Sipil Vanuatu Mendukung Penuh Papua Barat

Informasi foto: PIANGO direktur eksekutif Emele Duituturaga (kiri) konsultasi dengan perwakilan masyarakat sipil Vanuatu Lai Sakita. Gambar: Leno Garasi / Vanuatu Daily Post

PacePapushare – Delegasi Papua Barat telah menghampiri ke sebuah forum regional masyarakat sipil dengan satu tujuan untuk mendukung ULMWP masuk dalam keanggotaan penuh mewakili Papua Barat di MSG.

Emele Duituturaga, direktur eksekutif Asosiasi Kepulauan Pasifik Organisasi Non-Pemerintah (PIANGO), mengatakan ini dalam sebuah wawancara eksklusif setelah meluncurkan forum dua hari kemarin, ia menambahkan: “Kami berharap bahwa hasil akhir dari forum kami, pertemuan akan mendukung itu dan itu akan menjadi tujuan kami. ”

Delegasi Papua Barat juga menyarankan bahwa Indonesia tidak harus menjadi anggota MSG. Dan jadi isu “siapa dan apa sebernarnya adalah Melanesia” adalah sedang dibahas di tengah laporan dari ratusan orang Papua ditangkap dalam penumpasan massal Indonesia.

Tema forum ini adalah dekolonisasi.

“Kami melihat Indonesia sebagai menjajah Papua Barat dengan cara yang sama bahwa kita mendukung gerakan Kanaky kemerdekaan [dari Perancis]. Dan sehingga luas penentuan nasib sendiri dan dekolonisasi, “katanya.

Orang-orang di Papua Barat dengan tegas menyatakan bahwa ULMWP adalah perwakilan yang sah dari Papua Barat karena saran kritis dari beberapa kalangan bahwa ULMWP adalah “eksternal” dan tidak mewakili Papua Barat.

“Tapi ada bukti [sebaliknya] dan delegasi ini di sini hari ini benar-benar datang dari dalam Papua Barat dan mereka datang untuk meminta intervensi internasional eksternal, mereka datang untuk berbicara tentang genosida yang terjadi di Papua Barat.

“Kita akan membahas apa yang akan kita lakukan tentang hal itu,” kata Duituturaga.

Utusan khusus

“Ketika Utusan Khusus Vanuatu di Papua Barat, MP Johnny Koanapo, mengatakan Papua Barat berada di darah ni-Vanuatu ketika ia meluncurkan Parallel Forum Organisasi Masyarakat Sipil kami di Owen Hall Independence Park kemarin, ada perasaan kegembiraan, sebuah jaminan nyata dari peran kepemimpinan Vanuatu telah menjadi tumpuan harapan, simbol kemerdekaan (Papua Barat).

” Dia mengatakan itu adalah sukacita untuk PIANGO untuk dicatat bahwa meskipun tantangan politik internal Vanuatu, fokus negara itu pada Papua Barat tidak bergeser saat dikonfirmasi oleh kata-kata MP Koanapo ini.

MP, yang digunakan untuk menjadi direktur jenderal Luar Negeri, menyambut keterlibatan forum masyarakat sipil pada panggilan untuk Papua Barat untuk menjadi anggota penuh MSG, mengatakan pemerintah Vanuatu juga diperlukan dukungan dari masyarakat sipil di Papua Barat.

Sebelum ia menjadi MP, Koanapo berperan dalam menulis pidato setia mantan Perdana Menteri Moana Karkas di Majelis Umum PBB, mengutuk laporan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Melanesia oleh militer Indonesia di Papua Barat.

PIANGO sebagai organisasi payung 21 negara dan wilayah Pasifik Island, adalah di garis depan Papua Barat menjadi anggota penuh MSG, kata Duituturaga.

‘Laporan Misionaris’

Selain itu katanya ada pawai dan peluncuran “laporan bayangan misionaris” di Suva, Fiji kemarin, yang telah dilakukan oleh Komisi Keadilan dan Perdamaian.

Laporan yang sama akan diluncurkan di Port Vila hari ini.

“Ini diluncurkan di Brisbane hari Minggu lalu kemudian Fiji dan sekarang Vanuatu,” katanya.

“Ini adalah respon langsung terhadap keputusan para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik ‘untuk mengirim misi pencari fakta ke Papua Barat.

“Tapi sekarang sudah menuju pertengahan tahun dan misi belum terjadi karena Indonesia belum menanggapi. ”

Jadi Masyarakat sipil telah berkomitemen bahwa kita tidak akan menunggu pemerintah karena ini adalah laporan kedua dari pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat dan kami ingin membawa perhatian kepada para pemimpin kita.” [MF]

Ditulis oleh Len Garae, wartawan senior dengan Vanuatu Daily Post.
Diterjemahkan sesuai dengan kalimat keaslian

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s