Secara Resmi Kantor MSG Mengingatkan Indonesia Tentang Prinsip Dekolonisasi Melanesia


Secara Resmi Kantor MSG Mengingatkan Indonesia Tentang Prinsip Dekolonisasi Melanesia
0
Ketua MSG dan PM Kep. Solomon bersama Pemimpin-pemimpin bangsa Papua – Foto: PM Secret Office MSG

WENE-PAPUA – Ketua Melanesian Spearhead Group (MSG), yang juga Perdana Menteri Kepulauan  Solomon Hon Manasye Sogavare telah mencatat pernyataan seorang pejabat dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya, di media lokal Indonesia tentang MSG dan penderitaan  rakyat Papua Barat.

Desra Percaya dalam keterangannya menjelaskan bahwa pernyataan  Ketua MSG dan Perdana Menteri Kepulauan Solomon  Hon Manasye Sogavare pekan lalu yang memberi dukungan untuk Gerakan Serikat Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) keanggotaan penuh di  MSG  tersebut ‘bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar kedaulatan dan interferensi seperti yang sudah termasuk dalam perjanjian untuk pembentukan MSG pada tahun 2007. ‘

Ketua MSG  dan Perdana Menteri Kepulauan Solomon dalam pernyataan yang terkandung dalam Release Media yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri Pers Sekretariat menyatakan bahwa pemberian  keanggotaan penuh MSG kepada Gerakan Persatuan Pembebasan  Papua Barat (ULMWP) adalah tepat karena keanggotaan Indonesia telah berupaya blok Melanesia dan hanya untuk melindungi kepentingan sendiri selain tanpa melakukan dialog tentang isu-isu hak asasi manusia di Papua Barat.

Pernyataan Ketua MSG dan  Perdana Menteri Kepulauan Solomon ini dipicu oleh penolakan  Presiden Indonesia atas misi Tim Pencari Fakta untuk korban pelanggaran hak asasi manusia dan tahanan politik di Papua Barat yang sudah disepakati bersama pada Pasific Island Forum ke 46 di Port Moresby Papua New Guinea tahun 2015 lalu.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari ini, Perwakilan Khusus Papua Barat di MSG, Rex Stephen Horoi mengatakan Ketua MSG  mencatat pernyataan Kementerian  Luar Negeri Indonesia itu, Ketua MSG ingin mengingatkan kepada Jakarta bahwa salah satu kunci secara menyeluruh dalam prinsip-prinsip MSG adalah prinsip Dekolonisasi dari Melanesia.

“Ini adalah prinsip dasar yang mengikat negara-negara Melanesia dan semua anggota MSG. Dalam prinsip ini, MSG adalah singkatan dari pertahanan dan kampanye kemerdekaan hak asasi masyarakat adat Melanesia, “kata Horoi.

Utusan Khusus Papua Barat di   MSG  itu mengatakan memberikan penghormatan terhadap hak asasi manusia yang secara langsung terjalin dengan tanggung jawab sebagai negara dan bangsa untuk melindungi warga negara.

Dia mengatakan Ketua MSG ingin mengirimkan undangan kepada Menteri Luar Negeri Indonesia untuk dialog tentang hal ini di forum yang tepat.

Menambahkan  pernyataan yang dibuat oleh Horoi, Sekretaris MSG, Mr. Sore kata Pemimpin Kantor MSG ingin mengingatkan Kementerian Luar Negeri Indonesia bahwa ULMWP bersama-sama dengan Pemerintah Indonesia adalah anggota dari MSG.

Dalam konteks ini, Mr. Sore menegaskan tawaran oleh Ketua MSG, Perdana Menteri Hon Sogavare kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo untuk membahas masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama dalam MSG.

Dia mengatakan ketua MSG  menyatakan bahwa penolakan Indonesia untuk memenuhi perjanjian MSG membuktikan bahwa niat Jakarta untuk bergabung dengan MSG hanyalah untuk melindungi kepentingan sendiri selain melakukan dialog tentang isu-isu hak asasi manusia di Papua Barat.

Sumber : PM Secret Office
Editor    : H.N. SOBOLIM

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s